Blogger news

KIAMAT MENURUT AL-QU'RAN DAN HADITS

Kamis, 20 Desember 20120 komentar



KIAMAT MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS
Jum'at adalah hari yang agung. Dalam terminologi hadits, Jum'at disebut sebagai Sayyidul Ayyam: rajanya hari. Hari Jum'at adalah yang hari terbaik, di mana pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum'at. Dalam riwayat yang lain kita mengetahui bahwa keistimewaan hari Jum'at adalah karena banyaknya keutamaan pada hari itu. Diantaranya adalah waktu yang mustajabah, diantaranya ketika khatib duduk diantara dua khutbah dan diampuninya dosa dengan melaksanakan shalat Jum'at.
 Ketahuilah bahwa Kiamat adalah merupakan hal ghaib yang harus diimani oleh setiap  muslim dan yang hanya diketahui oleh Allah SWT saja  seperti banyak disebutkan didalam kitabnya maupun sunah nabi Muhammad SAW, diantaranya didalm surat al A’raf ayat 187 Allah swt berfirman 
 
"Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui".

Ibnu Katsir mengatakan bahwa ayat ini Adalah merupakan perintah Allah swt kepada nabi-Nya saw apabila beliau saw ditanya tentang waktu terjadinya kiamat maka hendaklah beliau saw mengembalikan pengetahuan tentang itu kepada Allah swt. Sesungguhnya Dia lah yang menjelaskan waktu kedatangannya atau mengetahui kejelasan perkara itu dan kapan kepastian waktunya. (Tafsir Ibnu Katsir juz III hal 518)
Kemudian didalam surat al ahzab ayat 63
 
Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu Hanya di sisi Allah". dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.

Dan juga Rasulullah SAW ketika ditanya oleh maikat jibril tentang terjadinya kapan kiamat maka beliau saw bersabda “orang yang ditanya tidak lebih mengetahui daripada yang bertanya (HR. Muslim.
Hadits tersebut menyatakan bahwa diri rasulullah dan juga orang yang bertanya (yakni Malaikat Jibril) tidaklah mengetahui tentang waktu terjadinya kiamat.
 
Allah lah yang mengetahui kebenaran hakikinya bahkan terhadap berbagai penafsiran tentang alam semesta ini, perkembangan alam maupun kehidupan yang seluruhnya merupakan teori-teori, sepertihalnya teori ledakan besar, teori ini dan itu. Dan sebagaimana sebuah teori maka ada pula sebagian ilmuwan lainnya yang melakukan penyanggahan terhadapnya dengan berbagai teori lainnya dan begitulah selanjutnya.

Akhirnya, marilah dalam kehidupan yang singkat ini kita persiapkan diri kita untuk berlomba-lomba dalam beramal shalih. Janganlah kita menjadi orang yang memiliki sifat sombong sehingga menolak kebenaran yang datang kepada kita. Begitu pula, janganlah kita menjadi orang-orang yang mendahulukan dunia dan mengikuti hawa nafsunya, sehingga berani berbicara dan mengamalkan agama tanpa bimbingan para ulama.

  

Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLATE ASWAJA| PAC GP Ansor Kalideres - All Rights Reserved
Supported : MADINATULIMAN.COM | Creating Website | Johny dan Mas Themes